Cari Blog Ini

Rabu, 29 Oktober 2014

TANGGA NADA

Yang dimaksud dengan Not pada musik adalah Titi Nada atau tinggi rendahnya nada dari sebuah sumber bunyi dengan frekuensi tunggal. Kumpulan Not dalam rentang frekuensi tertentu dinamakan dengan register, setiap instrument / alat musik memiliki bentuk register yang berbeda – beda. Ada register rendah, sedang dan tinggi.

Sedangkan yang dimaksud dengan Notasi adalah pencatatan dalam bentuk grafis untuk menggambarkan bunyi dan gerakan, not demi not, bar demi bar. Yang pada intinya menunjukkan 2 hal pokok yakni, not apa yang dibunyikan dan berapa lama atau berapa ketukan not tersebut dibunyikan sebelum digantikan dengan not lainnya.


Tangga nada adalah susunan / deretan nada secara berurutan yang terdiri dari beberapa nada dengan jarak tertentu antara nada satu dengan nada lainnya.

Tangga Nada Mayor

Tangga Nada Mayor, Major (Inggris), Majeur (Prancis), Dur (Jerman), Grote Terts (Belanda) atau Terts Besar adalah tangga nada yang dimulai dari 1 (Do) dan di akhiri dengan 1> (Do) tinggi / satu Oktaf.

Tangga Nada Minor 

Tangga Nada Minor (Inggris), Mineur (Prancis), Moll (Jerman), Kliene Terts atau Terts Kecil (Belanda) adalah tangga nada yang dimulai dari nada 6(La) dan berakhir pada 6 (la) tinggi / satu oktaf. 


Tangga Nada Gamelan
Tangga Nada Gamelan adalah tangga nada yang menggunakan tangga nada Pelog dan Slendro. 
Bedanya dengan tangga nada mayor dan minor adalah tangga nada gamelan tidak mempunyai standar tinggi 
suara yang tetap dan jarak nadanya tidak sama persis (lebih kurang satu seperlima nada biasa).

Baik tangga nada gamelan jawa maupun sunda, masing – masing memiliki perbedaan terutama cara
membaca. Di sesuaikan dengan logat baca daerah masing – masing.

Selengkapnya, dapatkan dalam Buku "Pendidikan & Seni Budaya Musik untuk SMP/Mts Kelas 8 dan
Sederajad"



http://bayusaditra.blogspot.com/ by https://www.facebook.com/bayu.satyads


Tidak ada komentar:

Posting Komentar