Cari Blog Ini

Selasa, 28 Oktober 2014

Jago Bermain Gitar - Untuk Tangan Kiri (Normal) & Untuk Tangan Kanan (Kidal) / Metode Belajar Gitar

Bagian-bagian yang sering terdapat dalam lagu

Intro
Merupakan pengawalan lagu masuk, kebanyakan berupa instrumen yang not-notnya diambil dari bagian lagu tersebut. Kata lainnya adalah pembukaan sebelum mulai lagu.

Bait / Verse
Bait atau verse biasanya pola nada yang ditampilkan hampir sama terkadang diulang-ulang sampai ketahapan bagian berikutnya, hanya diganti syairnya saja.

Bridge
Bagian yang menjembatani antara Bait dengan Chorus, Bait dengan Solo Instrumental, atau Chorus dengan Instrumental. Bridge ini biasanya terdiri dari beberapa bar notasi dan atau tanpa syair.

Chorus
Yaitu inti sebuah lagu. Notasi melody tidak terlalu panjang. Umumnya dikenal sebagai Reff (walaupun sebetulnya Reff memiliki pengertian yang berbeda). Chorus memiliki nilai excitement yang lebih tinggi dari Verse, dan sering diasosiasikan sebagai puncak dari sebuah lagu. Biasanya statement atau missi utama lagu ada di bagian ini. Melodi Chorus biasanya sudah merupakan pengembangan lebih lanjut dari Verse, yang mengandung lompatan klimaks. Bagian ini lebih menentukan citra sebuah komposisi.
Chorus merupakan bagian inti dari sebuah lagu biasanya merupakan puncak dari lagu, biasanya bagian ini yang merupakan isi lagu yang ditunggu-tunggu untuk didengarkan. Biasanya bagian chorus atau reff ini dilagukan berulang-ulang guna memberi tahu pendengar inti lagu tersebut. Kebanyakan dari reffrain notasi pengulangannya sama dan syairnya pun sama, namun tidak menutup kemungkinan syairnya sedikit dimodifikasi, cuman biasanya tak jauh dari reff yang pertama, atau istilah lainnya beda-beda tipis. Chorus biasanya dibuat dari kumpulan notasi yang mudah diingat oleh pendengar.

Reffrain / Reff
Reff / Reffrain berarti ‘Pengulangan’. Maksudnya ada bagian lagu yang dinyanyikan berulang-ulang. Dalam hal ini biasanya Chorus-lah yang dinyanyikan berulang-ulang, makanya seringkali istilah Chorus ‘tertukar’ dengan Reff. Padahal tidak semua Reff merupakan Chorus.


Solo Instrument
Bagian pemain instrument menunjukkan permainan instrumentnya (melodi) tanpa diselingi oleh suara penyanyi. Jika ada suara penyanyi hanya sebagai suara latar saja, lebih mengedepankan permainan instrument musiknya.

Interlude
Seperti ‘intro’ tapi berada di tengah-tengah lagu. Bagian yang menyambungkan antara Bait dengan Bait atau Bait dengan Chorus. Tanpa syair. Interlude hanya terdiri dari beberapa bar atau pola chord. Mungkin 4 bar, 6 bar atau 8 bar.

Ending
Bagian lagu paling akhir. Bentuk ending ada beberapa macam. Fade Out, Instrument Looping, Berhenti seketika dibar terakhir, Pengulangan Intro dan banyak lagi.


http://bayusaditra.blogspot.com/2014/10/semakin-berkembangnya-kegiatan.html by
https://www.facebook.com/bayu.satyads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar