Cari Blog Ini

Rabu, 10 September 2014

Teknik Gitar Blues, Rock ‘n Roll (Seri Progressive) (baru, 2014)




Kategori(Sub) : Keluarga (Hobi)
ISBN : 978-979-29-2174-8
Penulis : Bayu Satya D.S
Ukuran⁄Halaman : 19x23 cm² ⁄ viii+196 halaman
Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published
Tahun Terbit : 2014
Berat : 347 gram
Harga : Rp 69.500,- 

Seringkali kita dengar di dunia pergaulan terutama untuk para pemain band, yakni kalimat “Yang Penting Rock ‘n Roll, Bro..” atau “Rock ‘n Roll Sajalah..”. Kalimat itu terkesan, jenis musik Rock ‘n Roll adalah jenis musik yang asal jadi. Pertanyaannya, apakah benar demikian? Yakin Anda tidak ingin tahu bentuk dan pola permainan Rock ‘n Roll yang sesungguhnya..?! 
Semua jenis musik ada dasarnya Bro..!Selanjutnya berkembang sesuai perkembangan budaya yang ada pada saat itu, dimana jenis musik itu dilahirkan. Artis-artis yang besar dengan jenis musik Rock ‘n Roll pun bukan artis Abal - Abal Lhoo Bro... Mereka seperti Elvis Presley, The Beatles, dan masih banyak lagi. Kualitas musik mereka terbukti tak bisa dipandang sebelah mata. 



Rock and Roll (sering ditulis sebagai Rock 'n' Roll) adalah genre musik yang berkembang di Amerika Serikat di akhir tahun 1940-an, dan mencapai puncak kepopuleran di awal tahun 1950-an. Dari Amerika Serikat, genre musik ini tersebar ke seluruh dunia. Rock and roll melahirkan berbagai macam subgenre yang secara keseluruhan dikenal sebagai musik rock. Tegasnya, Rock ‘n Roll merupakan cikal bakal music “Rock”


Jenis music “Rock ‘n Roll” terbentuk dari gabungan “Blues” dan “Country”. Maka, tak heran jika sebagian besar lagu “Rock ‘n Roll” memakai Progresi Akor Blues. Ciri khas rock and roll adalah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and roll menggunakan beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat yang hampir selalu diisi pukulan snare drum. Versi klasik dari rock and roll dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik, gitar bas listrik, dan drum set. Keyboard sering digunakan sebagai alat musik tambahan. Bila dimainkan dengan dua gitar listrik, gitar listrik yang dimainkan untuk memberi melodi disebut lead guitar, sedangkan gitar untuk memberi ritme dan harmoni disebut gitar ritme. Saksofon sering dijadikan instrumen melodi pada gaya rock and roll awal tahun 1950-an, tapi digantikan perannya oleh gitar elektrik di pertengahan tahun 1950-an. Di akhir tahun 1940-an, bentuk awal rock and roll bahkan memakai piano sebagai instrumen melodi.

Salah satu cikal bakal rock and roll adalah musik boogie woogie dengan piano sebagai melodi, seperti permainan musik berbagai kelompok big band yang mendominasi dunia musik Amerika dekade 1940-an. Kepopuleran rock and roll secara massal dan mendunia ternyata menimbulkan dampak sosial yang tidak terduga. Rock and roll bukan saja memengaruhi gaya bermusik pada saat itu, tapi sekaligus gaya hidup, gaya berpakaian, dan bahasa. Selain sukses di dunia musik, bintang-bintang di periode awal rock and roll juga sukses di dunia film dan televisi. Elvis Presley, Little Richard dan Chuck Berry merupakan beberapa bintang “Rock and Roll” yang sukses sebagai bintang film dan televisi. Elvis Presley adalah musisi rock pertama yang meraih status superstar. Di susul dengan kemunculan penyanyi dan grup musik idola yang disukai remaja saat itu di antaranya: The Beatles, Paul Anka, Frankie Avalon, dan selanjutnya The Monkees.

Buku Teknik Gitar Blues, Rock ‘n Roll diharap mampu menjawab semua kebutuhan peminat jenis permainan gitarRock ‘n Roll, mulai dari tingkat pemula hingga profesional. Pattern/tahapan-tahapan latihan melodi yang sengaja di buat agar memudahkan pembaca dalam mempelajari pola melodi Blues, Rock ‘n Roll dan tidak lagi bermain gitar hanya genjrang-genjreng. 
Materi-materi dasar sebagai pendukung seperti Teknik Picking, Tabel Notasi Gitar, Senam Peregangan Jari, Perluasan Akor, Pola Rhythm Rock ‘n Roll, Pattern Skala Melodi Blues, Bentuk - Bentuk Permainan Blues Rock ‘n Roll untuk Solo Gitar, Perubahan dan Penggantian Akor, Bentuk - Bentuk Perluasan Akor, dan masih banyak lagi. Semua ada disini.

Sekarang, tunggu apalagi? Ayo, buktikan! Tingkatkan kemampuanmu! Mulailah dengan tahapan-tahapan latihan yang benar. Lakukan percepatan diri. Jangan menunda lagi! Mantapkan permainan gitarmu sekarang! Salam Rock ‘n Roll…


Dapatkan ditoko buku gramedia dan toko2 buku terkemuka lainnya dikota anda, bisa juga langsung dengan Penulis, Hub 087738483971 (Harga Belum Termasuk dengan Ongkos Kirim)

https://www.facebook.com/bayu.satyads

1 komentar:

  1. nice info n tips bro...
    bagi pengunjung blog yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.co.id
    trims

    BalasHapus