Cari Blog Ini

Rabu, 10 September 2014

Basic Mode Dan Skala Melodi Gitar Berdasarkan Akor (baru, 2014)

Basic Mode Dan Skala Melodi Gitar Berdasarkan Akor


Kategori(Sub) : Keluarga (Hobi)
ISBN : 978-979-29-3517-2
Penulis : Bayu Satya D S
Ukuran⁄Halaman : 17.5x24.5 cm² ⁄ vi+210 halaman
Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published
Tahun Terbit : 2014
Berat : 324 gram
Harga : Rp 77.000,-  

Melodi gitar pada dasarnya merupakan rangkaian bunyi musikal dari skala atau mode dengan beragam frekuensi, panjang pendek nada, atau not yang tertata secara logis. Biasanya, pola memainkan melodi dibuat berdasarkan naik turunnya nada, pola ritmik, nada dasar yang digunakan dalam sebuah lagu, sehingga dapat dinikmati oleh telinga.
Kang Joe Satriani, Mas Edi Van Halen, dan Pakde Jimmy Hendrix tak mungkin serta merta menjadi seorang gitaris handal yang fenomenal. Mereka semua pasti sudah menguasai segala bentuk perluasan dengan tahapan – tahapan melodi gitar, kombinasi teknik melodi gitar, dan aneka jenis tangga nada melodi pada gitar. 
Dalam buku “Basic Mode dan Skala Melodi Gitar Berdasarkan Akor” ini berisi bentuk dasar tangga nada melodi Diatonik, Pentatonik Mayor dan Minor, Blues Mayor dan Minor, Harmonik Minor, Jaz, Mayor dan Minor Arpeggio, Diminished Arpeggio, Dominant 9 Arpeggio, dan masih banyak lagi. Sangat tepat untuk dijadikan panduan dalam proses mengembangkan permainan melodi kalian. So? Tunggu apalagi…! Rasa penasaran jangan dibiarin, Bro... Hayo mainkan gitarmu sekarang!


Keterangan Baca


Buku ini menggunakan sistim tablature, Untuk membaca akor, Nada yang di beri tanda lingkaran hitam adalah not yang harus ditekan, sedangkan nada yang diberi tanda lingkaran berwarna "Putih" merupakan nada dasar atau Do (mulai dari senar 6, 5, 4, 3, 2 dan 1). Angka disamping merupakan urutan senar sedangkan angka yang berada di bawah mewakili jarak fret. Masing-masing blok, merupakan posisi akor.


Contoh akor A :



Untuk mode dan skala melodi, yakni garis mendatar (horizontal) mewakili senar (senar 1 sampai 6), garis tegak lurus (vertical) mewakili fret gitar. Nada yang di beri tanda lingkaran hitam adalah not yang harus ditekan, sedangkan nada yang diberi tanda lingkaran berwarna "Putih"  merupakan nada dasar atau Do. 




Penerapan

Seorang gitaris harus menguasai Mode dan skala melodi dengan benar. Kemantapan penguasaan tersebut akan sangat mempengaruhi kreativitas pemain gitar mengkombinasikan not per not dalam variasi melodi dan menentukan nilai harmonisasi dalam sebuah lagu yang dimainkan.

Proses latihan bisa dimulai dari nada dasar atau Do pada senar 6, lalu jalankan jari-jarimu menyusuri titik-titik yang tertera pada table sampai pada titik nada dasar atau Do senar 1, atau sebaliknya. Misalnya untuk “Tangga Nada A mayor”, tekan dan petik not yang diberi tanda lingkaran berwarna "Putih" pada senar 6 fret 5 yang berfungsi sebagai 1 (Do), berikutnya petik senar 6 pada fret 7 yang berfungsi sebagai 2 (Re), lalu senar 5 fret 4 yang berfungsi sebagai 3 (Mi), senar 5 fret 5 yang berfungsi sebagai 4 (Fa), senar 5 fret 7 yang berfungsi sebagai 5 (So), senar 4 fret 4 yang berfungsi sebagai 6 (La), senar 4 fret 6 yang berfungsi sebagai 7 (Ti), senar 4 fret 7 yang berfungsi sebagai 1 (Do), senar 3 fret 4 yang berfungsi sebagai 2 (Re), senar 3 fret 6 yang berfungsi sebagai 3 (Mi), senar 3 fret 7 yang berfungsi sebagai 4 (Fa), senar 2 fret 5 yang berfungsi sebagai 5 (So), senar 2 fret 7 yang berfungsi sebagai 6 (La), Senar 1 fret 4 yang berfungsi sebagai 7 (Ti), senar 1 fret 5 yang berfungsi sebagai 1 (Do).  Lakukan berulang-ulang naik turun hingga jari tanganmu terbiasa dan menguasai mode dan skala melodi tersebut.
Proses latihan berikutnya, mainkan melodi dengan tempo yang semakin meningkat secara bertahap, hingga secepat mungkin. Lakukan cara yang sama pada tiap mode dan skala lainnya untuk masing-masing akor. 
Untuk latihan kepekaan rasa, anda bisa mempelajari melodi gitar dari lagu jenis apapun yang anda sukai. Cobalah, pelajari beberapa lagu yang anda pilih sendiri. Cari nada dasarnya terlebih dahulu, pelajari polanya dan ikuti. Semakin banyak variasi melodi gitar dari lagu-lagu yang anda pelajari, maka semakin cepat anda memahami skala melodi dan anda pun akan semakin terampil dalam berimprovisasi saat memainkan melodi.
Disaat insting anda sudah terasah, saat kemampuan mengolah harmonisasi nada dan variasi melodi sudah tak perlu di ragukan lagi, anda bermain melodi tak perlu lagi harus terpaku pada skala melodi tertentu, tapi justru bermain dengan insting yang mapan dan prima tersebut. Bahkan, bukan hal yang mustahil bagi anda untuk mengkombinasikan beberapa mode atau skala melodi dalam sebuah lagu.
Ingat, jika mau memainkan melodi, tentukan nada dasarnya, pahami akornya. Lakukan berulang-ulang hingga jari tanganmu terbiasa dan menguasai mode dan skala melodi tersebut.

Bisa didapatkan ditoko buku gramedia dan toko2 buku terkemuka lainnya dikota anda, bisa juga langsung dengan Penulis, Hub 087738483971 (Harga Belum Termasuk dengan Ongkos Kirim)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar