Cari Blog Ini

Rabu, 10 September 2014

Mahir Nge-Jazz dengan Metode Gitar Blues, Jazz (baru, 2014)

Kategori(Sub) : Keluarga (Hobi)
ISBN : 978-979-29-2197-7
Penulis : Bayu Satya D.S
Ukuran⁄Halaman : 19x23 cm² ⁄ vi+138 halaman
Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published
Tahun Terbit : 2014
Berat : 245 gram
Harga : Rp 69.500,-




Salah satu ciri musik jazz adalah porsi permainan improvisasi (sinkopasi) “melenceng/tangga nada yang bukan tangga nada semestinya” justru memperkaya harmoni dan menambah keindahan nuansa musiknya. Itu semua perlu digali dengan pelatihan-pelatihan yang nyata. 



Dasar Pengembangan Akor Jazz


Salah satu ciri musik Jazz adalah porsi permainan improvisasi yang sangat menonjol. Improvisasi (Sinkopasi) “melenceng / tangga nada yang bukan tangga nada semestinya” justru memperkaya harmoni dan menambah keindahan nuansa musiknya.

Dengan kekuatan karakter musik Jazz yang menonjolkan permainan improvisasi, maka para pemain gitar Jazz dituntut menguasai secara fasih segala bentuk tangga nada melodi dan progresi Akor pada semua nada dasar. Ditambah dengan gaya permainan yang sering digunakan, yakni “Sinkopasi” dan permainan melodi pada tangga nada yang bukan pada tangga nada Akor yang sedang dimainkan, artinya pola permainan improvisasi “melenceng” menjadikan musik Jazz sangat kaya harmonisasi. Akor – akor yang dimainkan tidak lagi baku seperti jenis musik Pop, balada, dan lainnya. Maj9, Add9, m13, Dim, Maj13,#maj7,#7-9 dan masih banyak lagi.

Semua Akor tetap berasal dari Dasar Akor yang sama. Yakni, Solmisasi (1 2 3 4 5 6 7). Akor adalah kesatuan bunyi musik yang mengandung 3 not atau lebih. Akor itu sendiri terbagi menjadi 2 Triad atau Trinada. Mayor (1 3 5) dan Minor (1 3b 5). Perluasan Akor tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada alasan – alasan logis yang menjadikan Akor tersebut berubah nama, yang lebih enak kita namakan Rumusan Akor.

Contoh Bentuk Pola Dasar Permainan Akor Jazz



Contoh Bentuk Pengembangan Permainan Akor Jazz 



Kombinasi jarak antara not sangat menentukan bentuk dan penamaan dalam Akor yang bersangkutan.  Semua gitaris wajib memahaminya. Namun jauh lebih penting, gitaris harus tau fungsi dari masing – masing Akor tersebut. Dengan kata lain, seorang gitaris harus paham kapan waktu yang tepat memakai Akor – akor tersebut ke dalam sebuah lagu. 

Buku Mahir Nge-Jazz dengan Metode Gitar Blues, Jazz dapat dikatakan sebagai buku petunjuk praktis bagi gitaris baik pemula hingga yang sedang ingin mengembangkan permainan gitarnya, terutama bagi para otodidak/tanpa guru. Buku ini membahas siklus jarak akor jazz, bentuk dasar progressive akor jazz, persamaan nama-nama akor gitar, dasar pengembangan akor jazz, kombinasi akor 6 dan 7, senam jari, dasar melodi jazz, swing, triad melodi, contoh lagu dengan menggunakan akor-akor jazz baik untuk permainan gitar tunggal maupun group, dan masih banyak lagi. Buku ini disajikan tahap demi tahap agar mudah dicerna dan penjelasan singkat dimaksudkan untuk mempermudah pembaca lebih fokus dalam berlatih. 
Buku ini tidak hanya berfungsi untuk melengkapi koleksi pembaca, namun dapat dijadikan sebagai acuan belajar-mengajar bagi praktisi musik ataupun peserta didik mulai dari pemula hingga yang sedang ingin mengembangkan permainan gitarnya, terutama bagi para otodidak/tanpa guru.


Dapatkan ditoko buku gramedia dan toko2 buku terkemuka lainnya dikota anda, bisa juga langsung dengan Penulis, Hub 087738483971 (Harga Belum Termasuk dengan Ongkos Kirim)

https://www.facebook.com/bayu.satyads

2 komentar: