Cari Blog Ini

Rabu, 05 November 2014

Istilah Tentang "Fret" Pada Gitar

Fret : Deretan Bilah Logam Tipis yang disusun dalam jarak teratur pada leher Gitar. Digunakan untuk mengatur panjang pendeknya senar agar dapat menghasilkan not yang berbeda - beda. Jarak satu fret pada satu senar menghasilkan perbedaan satu semi-tone.

Fretless : Tanpa Fret. Istilah ini biasa digunakan untuk menyebutkan instrumen berdawai yang tidak memiliki fret, seperti Biola, Cello, Kontrabas. Umumnya bertujuan untuk mendapatkan efek - efek khusus seperti Glissando maupun Vibrato yang lebih halus, ada sebagian musisi yang menggunakan bas elektrik dan gitar elektrik Fretless.

Fretbox : Diagram Akor. Berbentuk persegi empat dengan garis - garis Vertikal / Horizontal yang menggambarkan Senar dan Fret. Bulat - bulatan di dalam kotak menunjukkan posisi jari pada Senar dan Fret Gitar. Tanda baca "O" mengindikasikan bahwa senar yang dimaksud dibunyikan tanpa ditekan (dilepas / open string). Sedangkan tanda baca "X" mengindikasikan bahwa senar yang dimaksud dimatikan / tidak dibunyikan / ditak diaktifkan.

Contoh Gambar :

Dalam Buku



http://bayusaditra.blogspot.com/2014/10/jago-bermain-gitar-untuk-tangan-kiri.html by https://www.facebook.com/bayu.satyads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar