Cari Blog Ini

Sabtu, 25 Oktober 2014

Kiat - Kiat Mahir Bermain Gitar

Keahlian tidak mungkin didapatkan secara tiba - tiba. Sama halnya dengan "Seniman". Seorang Gitaris tidak serta merta menjadi seorang Pemain Gitar yang handal tanpa proses. Tahapan demi tahapan pembelajaran pasti telah dilaluinya dengan penuh ketekunan.

Hingga penulis menyimpulkan satu bentuk Kriteria / Parameter untuk menjadikan siapapun mahir untuk bermain Gitar. Antara lain :
  1. Memiliki Gitar Sendiri
  2. Wujudkan suasana yang nyaman (posisi duduk / berdiri, ruangan dan pemandangan yang selalu fresh)
  3. Pastikan "Tunning" Senar Gitar Pada Posisi Normal / Standar
  4. Biasakan sebelum memainkan lagu atau teknik Permainan Gitar, lakukan latihan "Senam Jari / Pelemasan Jari (Fingering)" terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Manfaatnya antara lain jari akan mudah bergerak bahkan lebih cepat dan tidak lekas lelah.
  5. Jika yang Kamu pegang adalah Gitar Listrik, pastikan kabel yang menghubungkan antara Gitar ke Efek dan ke SoundSystem terpasang sempurna (tidak mudah terlepas pada saat kamu sedang asyik menikmati permainan). Dan, Pastikan "Volume" suara yang keluar dari Soundsystem-mu tidak menjadikan tetanggamu menunda waktu istirahatnya, mencari botol air mineral dan segera menyambit ke arah kepalamu.. Hehehehe... (Becanda, Bro)
  6. Mainkan Lagu - Lagu yang paling disenangi (jangan pernah memilih - milih jenis / warna musik terlebih dahulu, sebelum Kamu melalui setiap tantangannya). Pop, Rock, Dangdut, Keroncong hajar saja semua..! Jika memang sudah ada mainkan lagu karya cipta sendiri.
  7. Biasakan bermain Improvisasi (tidak setiap bagan lagu harus di improvisasi). Jika memungkinkan, tidak ada salahnya mulai melatih diri dengan "mengaransemen ulang" lagu yang sudah fasih terdengar dan sering dimainkan.  
  8. Kuasai secara utuh Mode dan Skala Melodi Mayor dan Minor, serta komposisi Akor lagu Mayor dan Lagu Minor
  9. Jangan menutup pengetahuan diri untuk jenis dan bentuk Akor Jazz, Blues (Dominan 7, Mayor 7, Minor 9, dst)
  10. Segera kuasai Aneka macam Teknik Permainan Gitar dan Biasakan melatih jari dengan kombinasi ragam Teknik dari Mode dan Skala Melodi Gitar tsb.
  11. Jangan Pernah Putus Asa. Teruslah berlatih dan selalu tingkatkan kemampuan. Bergaul pada lingkungan yang tepat dan benar. (Musisi tanpa Narkoba)
  12. Cobalah untuk selalu berkarya cipta. Coba dan Kembangkan.. Perbaiki...Tingkatkan dan Sempurnakan. Jadilah yang terbaik! Salam Gitar...

https://www.facebook.com/bayu.satyads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar