Cari Blog Ini

Senin, 13 Oktober 2014

Dasar dan Pengembangan Teknik Gitar Klasik (baru, 2014)

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam buah. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: Gitar Akustik yang sering kita sebut dengan Gitar Klasik dan Gitar Elektrik.

Gitar Akustik / Gitar Klasik adalah jenis gitar dimana bunyi / suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui  tulang leher (nut) dengan jembatan (brigde) yang kemudian diperkuat oleh bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi yang dapat menghasilkan suara relatif cukup keras tanpa penguatan elektrik. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif, yakni singkronisasi permainan antara petikan jari tangan kanan dan sentuhan jari tangan kiri pada dawai – dawai Gitar menjadikan nada yang keluar sangat atraktif dan dinamis.


Tuning Gitar dengan bantuan Piano atau Keyboard

Para professional seringkali menyatukan suara gitar dengan keyboard atau piano, dalam menyatukan warna musik agar menyatu / nge – group. 



Keterangan baca (dari kiri ke kanan) :

Ø Urutan ke 3 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 6 open string / tidak ditekan bernada E
Ø Urutan ke 6 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 5 open string / tidak ditekan bernada A
Ø Urutan ke 9 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 4 open string / tidak ditekan bernada D
Ø Urutan ke 12 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 3 open string / tidak ditekan bernada G
Ø Urutan ke 14 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 2 open string / tidak ditekan bernada B
Ø Urutan ke 17 tuts putih sama bunyinya dengan Senar 1 open string / tidak ditekan bernada E


Posisi dan Fungsi Jari Pada Senar Gitar

Sumber Gambar : Diaz Dennita



Penerapan Pada Gitar


Penjelasan :

·      Senar 6 dimatikan / tidak difungsikan
·      Senar 5 fret 3 (nada C) berfungsi sebagai 1 (Do)
·      Senar 4 fret 2 (nada E) berfungsi sebagai 3 (Mi)
·      Senar 3 open string / dilepas (nada G) berfungsi sebagai 5 (Sol)
·      Senar 2 fret 1 (nada C) berfungsi sebagai 1 (Do)
·      Senar 1 open string / dilepas (nada E) berfungsi sebagai 3 (Mi)


Fungsi Jari Kanan (Pemetik Senar)

Sumber Gambar : Diaz Dennita

Keterangan Baca :

T / P     : Ibu Jari sebagai pemetik senar Bas (biasanya senar 4, 5 dan 6)
i           : Jari Telunjuk sebagai pemetik senar 3
m         : Jari Tengah sebagai pemetik senar 2
a          : Jari Manis sebagai pemetik senar 1

Tambahan : pada “o” Jari kelingking bagi sebagian orang sangat jarang digunakan untuk memetik senar, namun bila jari kelingking tersebut dimanfaatkan maka akan digunakan sebagai pemetik senar 1, jari manis berfungsi pada pemetik senar 2, jari tengah berfungsi pada pemetik senar 3, jari telunjuk berfungsi pada pemetik senar 4,  ibu jari bertugas memetik hanya senar 5 dan 6 saja.      


Buku “Dasar dan Pengembangan Teknik Gitar Klasik” dapat dikatakan sebagai buku petunjuk praktis bagi pecinta gitar. Didalamnya ada penjelasan tentang Fungsi pada bagian Gitar Klasik, Posisi dan Fungsi Jari Pada Senar Gitar, Urutan Notasi Utama pada Gitar dalam 12 fret, Patokan Standar Tuning Senar Gitar, Posisi Nada Utama Pada Setiap Senar dan Fret Gitar disertai senam jari pada setiap senarnya, Bagaimana cara membaca not Balok pada Gitar dan masih banyak lagi. Penjelasan pada setiap materi sengaja dibuat praktis dilengkapi dengan tahapan – tahapan latihan dan lagu – lagu populer, menjadikan keberadaan buku ini tidak hanya sekedar melengkapi koleksi bagi pembaca semata, namun sekaligus dapat dijadikan sebagai acuan belajar mengajar bagi praktisi musik atau pun peserta didik mulai dari pemula hingga yang sedang ingin mengembangkan permainan gitarnya, terutama bagi para otodidak / tanpa guru.


So?! Tunggu apalagi?!! Dapatkan Buku “Dasar dan Pengembangan Teknik Gitar Klasik” ini di Toko Buku Gramedia di kota Anda dengan harga Rp. 75.000,- Mulailah dengan tahapan – tahapan latihan yang benar. Jangan menunda lagi.! Mantapkan permainan gitarmu sekarang! Salam Gitar…

NB : Bisa Order langsung dengan Penulis. Hub  +6287738483971 (Harga Buku "Rp.75.000,-" + Ongkos Kirim)

https://www.facebook.com/bayu.satyads



Tidak ada komentar:

Posting Komentar