Cari Blog Ini

Rabu, 29 Oktober 2014

Metronome

Metronome ialah Peranti yang berfungsi sebagai pengukur tempo. Yakni untuk menjaga sekaligus mengeluarkan beat / ketukan tempo yang teratur dengan kecepatan yang bisa di atur, mulai dari 40 sampai dengan 208 ketukan per-menit. Awalnya berbentuk pendulum (piramid) yang berayun kekiri dan kekanan secara teratur. Kecepatan ayunan bisa diatur dengan cara menggeser pemberat yang melekat pada batang pendulum (piramid) tersebut. 



Metronome pertama kali ditemukan oleh De Winckel seorang berkebangsaan Belanda pada tahun 1812. Kemudian alat tersebut disempurnakan dan dikomersilkan oleh Johann Nepomuk Maelzel, seorang berkebangsaan Swiss pada tahun 1816.

Kini metronome elektronik sudah lazim digunakan para musisi. Dengan bentuknya yang mungil, mampu mengeluarkan suara detak serta cahaya berkedip – kedip pada setiap detakan.



Biasanya para komposer atau editor menulisnya pada permulaan notasi. Bentuknya dalam sebuah symbol not, disertai tanda = (sama dengan), kemudian diikuti dengan angka yang menandai jumlah ketukan permenitnya. Bentuk symbol not bisa berbeda – beda pada penulisannya, tergantung birama yang digunakannya. Biasanya not ½ atau not ¼.

Pembahasan lengkap terdapat dalam buku "Pendidikan & Seni Budaya Musik untuk SMP / Mts Kelas 7 dan Sederajat"




http://bayusaditra.blogspot.com/ by https://www.facebook.com/bayu.satyads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar